ARTICLE ALAT PEMANAS AIR WIKA / WIKA WATER HEATER IMG 20150522 WA0040
ALAT PEMANAS AIR WIKA / WIKA WATER HEATER
Wednesday 20 May 2015
ALAT PEMANAS AIR WIKA / WIKA WATER HEATER

Semua pemanas air pada dasarnya sama saja, yaitu: suatu alat pemanas air yang fungsinya untuk memanaskan air panas, yang membedakan adalah hanya energi yang digunakan untuk memanaskannya. Mulai yang paling sederhana, alat pemanas air terbuat dari tanah dikenal dengan nama tungku. Dengan bahan bakar kayu atau arang yang berfungsi seperti kompor, kemudian berkembang menjadi kompor minyak tanah, dan sampai hari ini alat pemanas air yang konvensional masih berlangsung.



Di era zaman modern dengan teknologi berkembang dengan pesatnya, alat pemanas air semakin praktis penggunaannya dan murah harganya. Di kota besar alat pemanas air yang banyak ditemui dan dijual di toko-toko sebagai berikut:

1. Electric Water Heater, yaitu alat pemanas air yang mengandalkan energi listrik dikenal dengan Electric Water Heater atau Pemanas Air Listrik. Begitu banyak beredar Merk Electric Water Heater, bisa didapatkan di toko-toko sanitary dengan harga sangat terjangkau, seperti: Ariston, Rinnai, Daalderop, Gainsborough, Rheem, Paloma, Wasser, dll.. Electric Water Heater banyak dipakai di Rumah Tinggal sebagai sarana untuk mandi air panas, Hotel, Apartment / Apartemen, Rumah Sakit / Hospital, Villa, dll..

2. Gas Water Heater, yaitu alat pemanas air yang mengandalkan energi gas elpiji, dikenal dengan Gas Heater, biaya gas elpiji relatif murah, dan kecepatan panas cukup tinggi. Banyak dipakai untuk Rumah Tinggal, Hotel, dan Villa, produk Gas Heater yang banyak beredar dipasaran yaitu Merk seperti Rheem, Rinnai, Paloma, Wasser, dll..

3. Boiler Water Heater, yaitu alat pemanas air mengandalkan energi solar, banyak digunakan untuk kebutuhan air panas dengan kapasitas besar dengan suhu cukup panas kisaran 80 derajat sampai 100 derajat Celcius. Bahkan ada yang menghasilkan uap, dikenal dengan nama Steam Boiler. Air panas yang dihasilkan di atas suhu 100 derajat Celcius dan kebanyakan Boiler Water Heater dan sistem Boiler digunakan untuk proses industri, banyak dipakai di pabrik-pabrik yang membutuhkan air panas dengan suhu tinggi, bahkan memerlukan uap panasnya. Hotel-Hotel besar untuk memenuhi kebutuhan air panas di kamar-kamar, keperluan Kitchen / dapur, dan air panas untuk Laundry, yang semuanya membutuhkan air panas dengan jumlah besar.

4. Solar Water Heater, yaitu alat pemanas air yang mengandalkan energi Surya Matahari yang dikenal dengan istilah Solar Panel, karena menghasilkan air panas, kalau Solar Cell menghasilkan listrik. Untuk Negara Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa di daerah tropis, di mana panas matahari sangat mudah didapat, bahkan sangat melimpah bila dibandingkan dengan Negara lain di daerah sub-tropis. Namun demikian, di waktu-waktu tertentu seperti di musim hujan, panas matahari yang didapat tidak sebanyak di waktu musim kemarau, walaupun musim hujan, siangnya panas, sorenya hujan, air panas masih bisa didapat, sebaliknya pagi hujan, siang ada matahari, air panas masih bisa didapat kecuali kalau memang dari pagi sampai sore hujan terus menerus, air panas tidak bisa didapat. Dalam kondisi Emergency tersebut, pada umumnya alat ini dilengkapi dengan pemanas cadangan (Electric Heater Backup). Produk ini sangat trend di Indonesia, banyak beredar Merk pemanas dari Tenaga Surya Matahari, baik produk Import maupun produk buatan dalam negeri, seperti Pemanas Air WIKA / WIKA Water Heater, Solahart, Edwards, Intisolar, Handal, dll..

5. Aircon Water Heater, yaitu alat pemanas air yang mengandalkan energi buang dari outdoor AC (Air Conditioner), yaitu suhu freon yang sangat tinggi pada saat keluar dari kompresor. Pada AC biasa suhu tersebut akan diturunkan lagi (dibuang) pada condensor dengan cara ditiup oleh kipas, sebelum masuk condensor, aliran freon panas tersebut dibelokkan ke dalam tangki yang berisi air dingin. Di dalam tangki ada pipa spiral yang disebut Heat Exchanger, sehingga terjadi kontak antara freon panas dan air dingin pada exchanger. Air yang semula dingin perlahan akan memanas sesuai dengan suhu freon. Sebaliknya freon yang semula sangat panas akan sedikit menurun temperaturnya sebagai hasil kontaknya dengan air dingin tersebut. Saat ini produk yang dominan beredar adalah Merk WIKA Aircon Water Heater.

6. Heat Pump Water Heater, Heat Pump atau pompa kalor adalah alat pemanas air yang mengandalkan suhu freon yang sangat tinggi pada saat keluar dari kompresor. Udara luar (outdoor air, semakin panas semakin efisien) dihisap masuk oleh kipas, udara luas yang panas ini akan memanaskan refrigrant ramah lingkungan did alam evaporator, selanjutnya melalui kompresor, refrigrant yang telah panas ini ditekan sehingga bertambah panas lagi dan disirkulasikan ke heat exchanger tersebut. Proses pemanasan Heat Pump ini sangat efisien karena listrik diperlukan hanya untuk kompresor saja, sehingga secara keseluruhan akan menghasilkan kapasitas pemanasan hingga 3 kali lipat daya yang dipakai heat pump dengan kata lain heat pump memerlukan daya listrik hanya sepertiga dari kapasitas pemanasnya. Merk yang beredar dipasaran, WIKA Heat Pump Water Heater.

(diambil dari berbagai sumber)

More Article

ARTICLE JAMINAN KEPUASAN MEMILIKI WIKA SOLAR WATER HEATER
06 December 2018
JAMINAN KEPUASAN MEMILIKI WIKA SOLAR WATER HEATER
Sudah begitu banyak sekali kami melayani para pelanggan pemakai wika solar water heater yang mendapatkan kepuasan tersebar di Jabodetabek. Kami benar-benar menjual kepuasan kepada banyak pelanggan.
Read More
ARTICLE SERAHKAN KEPADA AHLINYA
09 August 2018
SERAHKAN KEPADA AHLINYA
Wika merupakan jaminan kepercayaan yang kualitas dan reputasinya telah terbukti di pasar dalam memberikan kesuksesan dan kepuasan semua pelanggannya.
Read More
ARTICLE SUKSES  PUAS
31 May 2018
SUKSES & PUAS
Persaingan bisnis Hotel dan Rumah Sakit semakin ramai sekali. Pembangunan Hotel & Rumah Sakit bak jamur yang tumbuh subur.
Read More