ARTICLE FAQ (TANYA-JAWAB) TENTANG WIKA WATER HEATER / PEMANAS AIR WIKA C360 2014 11 27 13 14 27 294
FAQ (TANYA-JAWAB) TENTANG WIKA WATER HEATER / PEMANAS AIR WIKA
Wednesday 20 May 2015
TANYA-JAWAB (FAQ) MENGENAI WIKA WATER HEATER



Anda Bertanya:
Apa WIKA SWH itu?

Kami Menjawab:
WIKA SWH adalah WIKA Solar Water Heater yaitu Pemanas Air WIKA Tenaga Surya Matahari adalah alat Pemanas Air mengandalkan energi matahari atau tenaga surya merk WIKA buatan PT. WIKA Industri Energi anak perusahaan PT. Wijaya Karya, Tbk.

Anda Bertanya:
Bagaimana Cara Kerja WIKA SWH sampai menghasilkan air panas?

Kami Menjawab:
WIKA SWH, terdiri dari storage tank, tabung penyimpan air panas, berfungsi seperti termos dan panel kolektor, tempat untuk memanaskan air, terdiri dari plate absorber, berfungsi seperti kompor serta pipa penghubung, berfungsi menghubungkan atau mengalirkan air panas dari panel kolektor ke storage tank. Panel kolektor menyerap panas air di dalam panel kolektor menjadi panas. Air panas yang dihasilkan di panel kolektor, secara alami (thermosipon) mengalir ke storage tank. Sebaliknya air dingin yang berada di storage tank mengalirkan ke panel kolektor, terjadilah sirkulasi. Secara kumulatif air dalam storage tank panas semuanya dan suhunya semakin panas kisaran 60˚C. Air panas yang ada di storage tank, dengan didorong tekanan air dingin, akan keluar disalurkan ke keran-keran kamar mandi. Karena terlalu panas, harus dicampur dengan air dingin / mixing valve (keran panas dingin).

Anda Bertanya:
Bagaimana dengan harga WIKA SWH?

Kami Menjawab:
Harga WIKA SWH, sangat terjangkau bagi kalangan menengah ke atas dengan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, Banyak masyarakat Indonesia ekonominya membaik. Di kehidupan yang modern, sarana mandi air panas merupakan fasilitas kebutuhan primer. Pilihan alat Pemanas Air WIKA Tenaga Surya Matahari / WIKA Solar Water Heater dengan harga relatif lebih mahal dibanding pemanas air lain, dengan biaya operasional relatif murah, karena mengandalkan energi gratis matahari, dalam jangka panjang harga menjadi sangat murah.

Anda Bertanya:
Bagaimana caranya, kalau berminat mau pasang Pemanas Air WIKA Tenaga Surya Matahari / WIKA Solar Water Heater?

Kami Menjawab:
Pertama Bapak / Ibu memperkirakan terlebih dahulu kebutuhan air panas setiap harinya, acuannya berapa banyak penghuni rumah dan fasilitas cara mandi (shower, bath-tub, pantry). Kedua menghubungi Linggojati Utama sebagai Distributor Utama terpercaya dari PT. WIKA Industri Energi untuk WIKA Water Heater. Ketiga minta penawaran harga WIKA Water Heater, baik melalui fax atau email, sekalian konsultasi semua masalah WIKA Water Heater. Acuannya teknisi Linggojati Utama diminta untuk melakukan survey secara langsung ke lokasi proyek yang akan dipasang Pemanas Air WIKA. Dari hasil survey akan diketahui, kondisi proyek, Kami akan menentukan peletakan unit Pemanas Air WIKA, berdasarkan edaran matahari sepanjang tahun, yaitu menghadap utara atau ke barat itupun mempertimbangkan space / tempat yang memenuhi syarat luasnya. Alternatif lainnya, apabila ada dag beton, Kami tawarkan alternatif lain peletakan unit Pemanas Air WIKA. Semua usulan peletakan unit Pemanas Air WIKA harus memenuhi syarat, kena sinar matahari paling maksimal sepanjang tahun. Kemudian dari unit Pemanas Air WIKA ditarik saluran pipa air panas ke titik-titik keran yang dikehendaki seperti kamar mandi utama, kamar mandi anak dan kamar mandi tamu, serta pantry / dapur bersih. Kami mengajukan penawaran harga, sistem secara keseluruhan, pemilik rumah menentukan batasan-batasan scope pekerjaan, namun demikian pada umumnya Owner lebih senang menunjuk Kami untuk melaksanakan pekerjaan, mulai pengadaan dan pemasangan pompa, pengadaaan dan pemasangan pipa air panas dan pengadaan dan pemasangan unit Pemanas Air WIKA.

Anda Bertanya:
Apa kelebihan dan kekurangan Pemanas Air WIKA Tenaga Surya Matahari / WIKA Solar Water Heater?

Kami Menjawab:
Kelebihan buatan PT. Wijaya Karya, Tbk. perusahaan pemerintah, ternama dan terkemuka menjamin kualitas dan purna jualnya. Karena jaringan Distributor tersebar di seluruh Indonesia. Terbukti paling banyak terpasang di seluruh Indonesia. Mendapat penghargaan TOP BRAND 2011-2015. Kekurangan nyaris tidak ada, mungkin kepercayaan masyarakat akan produk dalam negeri saja perlu digalakkan.

Anda Bertanya:
Pemanas Air WIKA Tenaga Surya Matahari / WIKA SWH sudah terpasang dimana saja?

Kami Menjawab:
Pemanas Air WIKA Tenaga Surya Matahari / WIKA Solar Water Heater sudah banyak dipasang di rumah-rumah tinggal di kota-kota besar tersebar di seluruh Indonesia. Di samping itu juga terpasang untuk Villa, Hotel, Rumah Sakit, Apartemen, dan lagi ngetrend di Jakarta dipasang untuk Rumah Kos-Kosan.

Anda Bertanya:
Apa yang dimaksud kalau pasang WIKA SWH, hemat energi, biaya gratis?

Kami Menjawab:
Indonesia itu kan terletak di daerah tropis, garis khatulistiwa. Artinya begitu melimpahnya energi matahari. Sayang sekali kalau tidak memanfaatkan energi matahari yang ada. Di negara maju, walaupun letaknya di daerah sub-tropis, berusaha memanfaatkan energi matahari semaksimal mungkin. Hemat energi artinya, kalau memanfaatkan energi matahari, yang memang tidak dikenakan biaya, ya tentunya bisa menghemat dibanding kalau menggunakan listrik atau gas elpiji yang harus membayar.

Anda Bertanya:
Bagaimana menentukan kapasitas WIKA SWH, agar benar-benar hemat energi?

Kami Menjawab:
Agar kita benar-benar bisa berhemat, untuk menentukan kapasitas unit WIKA SWH harus sesuai dengan kebutuhan air panas sehari-hari, idealnya di saat matahari cerah bersinar kisaran jam 08.00 sampai jam 16.00, kita memanfaatkan memanaskan air sebanyak-banyaknya untuk memenuhi kebutuhan air panas. Kapasitas dan tipe memang menentukan investasi awal kalau perhitungannya tepat, kapasitas dan tipe tepat mengcover kebutuhan secara rutin, maka periode tertentu menjadi saving bahkan ketemu titik BEP. Dan selanjutnya, menikmati keuntungan karena sudah tidak mengeluarkan biaya lagi.

Anda Bertanya:
Apa perbedaan Pemanas Air WIKA Tenaga Surya Matahari / WIKA Solar Water Heater dengan Pemanas Air Listrik / Electric Water Heater dan Pemanas Air Gas / Gas Water Heater?

Kami Menjawab:
Kalau Pemanas Air WIKA Tenaga Surya Matahari / WIKA SWH, mengandalkan energi pemanasnya 100% dari sinar matahari. Jadi air panas yang dihasilkan murah biayanya, tentunya energi tenaga matahari itu gratis tidak perlu membayar. Sedangkan kalau Electric Water Heater, yaitu alat Pemanas Air Tenaga Listrik. Artinya air panas yang dihasilkan itu harus membayar biaya listriknya. Kalau air panasnya sedikit membayarnya juga sedikit, tetapi kalau air panasnya banyak membayarnya juga harus banyak, sedangkan Gas Water Heater, Pemanas Air Tenaga Gas elpiji kalau dari sisi biaya lebih murah dibanding dengan biaya listrik, tapi kalau dipandang dari ketergantungan pengadaan gas elpiji dan polusi yang ditimbulkan pertimbangan lain.

Anda Bertanya:
Peletakan WIKA SWH di mana yang paling ideal, di atas genteng atau di atas dag?

Kami Menjawab:
Untuk hasil maksimal, di tempat yang paling banyak menerima panas sepanjang tahun dan distribusi pipa air panas merata dan pendek, tentunya di atas atap. Apabila kriteria di dag beton relatif seperti banyak kena panas sepanjang tahun dan distribusi pipa panas merata dan pendek, Kami merekomendasikan di tempat dag beton namun menambah biaya rangka dudukan atau rig untuk unit WIKA SWH tersebut. Pertimbangannya, mudah dijangkau dan mudah penanganan servicenya.

Anda Bertanya:
Bagaimana bila musim penghujan. Apa alat ini tidak berfungsi?

Kami menjawab:
Di musim penghujan, bukan berarti tidak ada matahari. Kecuali di saat hujan pasti tidak ada matahari. Sering terjadi pagi hujan, siangnya matahari nongol, sekilas 4 jam saja sudah cukup menghasilkan air panas. Atau pagi sampai siang sinar matahari cerah, sorenya hujan lebat, malam mandi air panas tersedia dan paginya masih bisa mandi air panas yang tersimpan di tabung yang berfungsi sebagai termos. Ada pengecualian, apabila mulai pagi sampai sore tidak ada sinar matahari sama sekali, jadi tidak ada proses pemanasan sama sekali. Alat ini masih dibackup oleh listrik sebagai pemanas cadangan. Atau suatu saat ada banyak tamu, semua mandi air panas, padahal kapasitas yang tersedia hanya untuk maksimal 10 orang, tapi yang mandi 15 orang, berarti untuk kebutuhan air panas bagi 5 orang, menggunakan energi listrik dalam kondisi darurat. Kalau dihitung selama 1 (satu) tahun back up listrik kisaran 15-20%. Berarti hemat energi listrik sampai 80%.

More Article

ARTICLE JAMINAN KEPUASAN MEMILIKI WIKA SOLAR WATER HEATER
06 December 2018
JAMINAN KEPUASAN MEMILIKI WIKA SOLAR WATER HEATER
Sudah begitu banyak sekali kami melayani para pelanggan pemakai wika solar water heater yang mendapatkan kepuasan tersebar di Jabodetabek. Kami benar-benar menjual kepuasan kepada banyak pelanggan.
Read More
ARTICLE SERAHKAN KEPADA AHLINYA
09 August 2018
SERAHKAN KEPADA AHLINYA
Wika merupakan jaminan kepercayaan yang kualitas dan reputasinya telah terbukti di pasar dalam memberikan kesuksesan dan kepuasan semua pelanggannya.
Read More
ARTICLE SUKSES  PUAS
31 May 2018
SUKSES & PUAS
Persaingan bisnis Hotel dan Rumah Sakit semakin ramai sekali. Pembangunan Hotel & Rumah Sakit bak jamur yang tumbuh subur.
Read More