ARTICLE PEMANAS AIR WIKA DAPAT PENGHARGAAN TOP BRAND 2011-2015 ps article
PEMANAS AIR WIKA DAPAT PENGHARGAAN TOP BRAND 2011-2015
Monday 25 May 2015
BERLANJUT PEMANAS AIR WIKA DAPAT PENGHARGAAN TOP BRAND 2011-2015

Bicara Pemanas Air, nama WIKA mungkin sudah familiar baik di telinga konsumen maupun para kompetitior. Terang saja, Brand yang berada di bawah naungan BUMN PT. Wijaya Karya, Tbk. (Persero) ini sudah mengokohkan diri sebagai Market Leader di industri Pemanas Air Tenaga Surya Matahari (Solar Water Heater) dan Pemanas Air Tenaga Energi Listrik (Electric Water Heater). Data internal tahun 2012 menyebut angka penjualan produk WIKA untuk kategori SWH dan EWH ini masing-masing 5.409 unit dan 798 unit. Sementara Market Share kedua produk tersebut masing-masing 37.3 % dan 28.5 %. Keberhasilan tersebut berbarengan dengan data Top Brand 2013 yang menunjukkan indeks merek ini cemerlang di angka 22.4 %.

Penguasaan pasar yang dominan tersebut merupakan buah kerja keras sejak pertama kali WIKA memperkenalkan kategori pemanas air tahun 1998 silam. Salah satu kunci kesuksesannya adalah selalu berkreasi dalam menciptakan inovasi baru. Inovasi tersebut bisa berupa produk baru maupun memberikan nilai tambah pada produk lama. Selain itu, WIKA juga tersohor sebagai Brand Pemanas Air yang memiliki deretan produk lengkap sesuai dengan target market. Secara segmentasi, produk-produk PT. WIKA Industri Energi menyasar rumah tangga, usaha kecil, serta komersil (hotel, rumah sakit, dan industri).

Sebanyak lima jenis Pemanas Air WIKA telah beredar di pasaran untuk memenuhi
kebutuhan segmen ritel maupun perorangan. Mulai dari Pemanas Air WIKA Tenaga Surya Matahari (WIKA Solar Water Heater / WIKA SWH), Pemanas Air WIKA Tenaga AC (WIKA Aircon Water Heater / WIKA AWH), Pemanas Air WIKA Tenaga Listrik Sistem Refrigrant (WIKA Heat Pump Water Heater / WIKA HPWH), Pemanas Air WIKA Tenaga Listrik (WIKA Electric Water Heater / WIKA EWH), sampai Pemanas Air WIKA Kolam Renang (WIKA Pool Heating Water Heater / WIKA PHWH).

Keseluruhan produk tersebut didesain dengan penekanan pada konsep comparrative advantage, energy efficient, adaptation, quality, and durability, serta low maintenance. Selain itu, inovasi produk di WIKA didasarkan hasil R&D yang kuat dari konsumen. Misalnya tren produk-produk Water Heater hemat energi dan ramah lingkungan (Go Green) yang sekarang sedang marak digandrungi.

"Pada dasarnya WIKA berorientasi pada pasar ekspor agar produk yang dihasilkan tetap bisa kompetitif di pasar. Oleh sebab itu kinerja merk Kami didukung konsep dan desain produk yang tepat serta kualitas produk memenuhi ekspektasi konsumen." ujar Direktur Operasional PT. WIKA Industri Energi, Andi Nugraha. Pria kelahiran Cianjur, 21 Agustus 1964 ini pun mengungkapkan bahwa keberhasilannya tidak lepas dari peran edukasi akan berbagai manfaat dan Product Knowledge kepada Distributor maupun konsumen. Edukasi efektif tersebut ditempuh melalui penguatan sales tools pada outlet-outlet penjualan (toko sanitary dan bahan bangunan), mengadakan forum seminar teknis dan symposium yang audiensnya para decision maker (owner, developer, kontraktor), serta aktif berpameran dan mensponsori kegiatan komunitas penghuni real estate. "Program edukasi dan promosi bermanfaat supaya bisa menjangkau target segmen SES A dan A+ sebagai pengguna Water Heater." tuturnya.

Di sisi lain, General Manager PT. WIKA Industri Energi, Satrio Adji menambahkan, WIKA didukung oleh cangkupan Distributor yang hampir merata di seluruh Indonesia. Tidak hanya terpusat di kota-kota besar, pengembangannya dilakukan sampai ke kota tingkat menengah hingga kecil. Hingga kini perusahaan yang memiliki pabrik sendiri di Cibinong ini sudah menjangkau 31 wilayah di Tanah Air dengan 43 distributor nasional. "Kami sanggup memproduksi Pemanas Air WIKA untuk skala industri. Memberikan akses yang mudah dan pelayanan prima kepada pelanggan melalui jaringan penjualan yang luas. Perlu dipahami, Water Heater masih merupakan kebutuhan tersier. Jadi, bila berbicara tuntutan kebutuhannya, maka akses pemasaran masih tersebar di kota-kota besar utama." terang Satrio.



Meski sukses mengukir prestasi untuk pasar Water Heater di Tanah Air, WIKA enggan berpuas hati. Target lebih menantang telah dirancangkan Andi, yakni menembus pasar Internasional. "Tekadnya adalah bisa menjadi tuan rumah di Negara sendiri dan bisa eksis di pasar ekspor kelak, terutama regional Asia dan Afrika. Oleh sebab itu Kami melakukan backward integration guna mengurangi ketergantungan impor dan meningkatkan kapabilitas industrinya." jelas Dia.

More Article

ARTICLE JAMINAN KEPUASAN MEMILIKI WIKA SOLAR WATER HEATER
06 December 2018
JAMINAN KEPUASAN MEMILIKI WIKA SOLAR WATER HEATER
Sudah begitu banyak sekali kami melayani para pelanggan pemakai wika solar water heater yang mendapatkan kepuasan tersebar di Jabodetabek. Kami benar-benar menjual kepuasan kepada banyak pelanggan.
Read More
ARTICLE SERAHKAN KEPADA AHLINYA
09 August 2018
SERAHKAN KEPADA AHLINYA
Wika merupakan jaminan kepercayaan yang kualitas dan reputasinya telah terbukti di pasar dalam memberikan kesuksesan dan kepuasan semua pelanggannya.
Read More
ARTICLE SUKSES  PUAS
31 May 2018
SUKSES & PUAS
Persaingan bisnis Hotel dan Rumah Sakit semakin ramai sekali. Pembangunan Hotel & Rumah Sakit bak jamur yang tumbuh subur.
Read More